Apa Itu Vegetarian? dan Jenis-jenisnya

apa-itu-vegetarian

Hari ini, ada banyak sekali gaya makan sehat yang bisa dijalani, terutama yang sedang diet. Selain menjaga pola makan yang teratur, banyak orang juga mulai menjadi seorang vegetarian, apa itu vegetarian?

Vegetarian biasanya identik dengan makanan yang terbuat dari sumber nabati atau dari tumbuh-tumbuhan. Mereka tidak lagi makan makanan yang berbahan dasar daging, seperti ayam, ikan dan lain sebagainya.

Apa Itu Vegetarian?

Dikutip dari pengertianahli.id, vegetarian diketahui pertama kali pada tahun 1847, dan Joseph Brotheron dkk menggunakannya secara formal pada September 1847 di Northwood Villa, Inggris. Menurut vegsoc.org vegetarian adalah tidak makan ikan, daging, atau ayam.

Vegetarian adalah sebutan bagi seorang yang hanya mengonsumsi makanan yang bersumber dari sumber nabati, seperti sayur, buah-buahan, biji-bijian, dll. Seorang vegetarian biasanya tidak lagi mengunsumsi makanan yang berbahan dasar hewani, seperti ayam, ikan, sapi dll. Namun, sebagian dari mereka masih mengonsumsi produk-produk dari hewan, seperti telor, susu dll.

Ada beberapa jenis vegetarian, sebagian dari mereka ada yang murni menghindari makanan dari hewani. Namun, sebagian lainnya tetap mengonsumsi keju, susu dan telur yang juga berasar dari hewan.

Jenis-jenis Vegetarian

Trend vegetarian semakin menjamur akhir-akhir ini. Selain karena ingin diet, banyak orang juga percaya bahwa dengan menjadi seorang vegetarian, mereka merasa menjadi pribadi yang lebih sehat. Namun, tahukan kalian, bahwa vegetarian itu terbagi menjadi beberapa jenis. Apa sajakah itu?

1. Vegan

Apa itu Vegan? Vegan merupakan vegetarian murni, yaitu mereka yang benar-benar tidak mengonsumsi daging. Selain tidak mengonsumsi daging, seorang vegan juga berhenti memakan produk-produk yang dihasilkan dari hewan, seperti keju, telor, susu, yugort dll.

Seorang Vegan benar-benar murni hanya mengonsumsi sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan.

2. Ovo Vegetarian

Apa itu ovo vegetarian? ovo vegetarian adalah seorang vegetarian yang tidak mengonsumsi susu dan daging, tetapi mereka tetap mengonsumsi telur. Jika Anda seorang vegetarian yang mengonsumsi telur, itu artinya Anda termasuk dalam ovo vegetarian.

3. Lacto-ovo Vegetarian

Apa itu lacto-ovo vegetarian? Lacto-ovo vegetarian adalah seorang vegetarian yang tidak mengonsumsi daging hewan, tetapi mereka tetap mengonsumsi beberapa produknya, seperti telur, yugort, keju, es krim dan susu. Jika Anda seorang vegetarian yang mengonsumsi produk-produk hewani tersebut, itu artinya Anda termasuk dalam lacto-ovo vegetarian.

4. Lacto Vegetarian

Apa itu lacto vegetarian? Lacto vegetarian adalah seorang vegetarian yang tidak mengonsumsi daging hewan, tetapi mereka tetap mengonsumsi susu yang merupakan produk hewani. Jika Anda seorang vegetarian yang mengonsumsi susu, itu artinya Anda termasuk dalam lacto vegetarian.

Perbedaan Vegetarian dan Jenis-jenisnya

Vegetarian dengan berbagai jenis-jenisnya sangatlah mirip, tetapi tetap mempunyai perbedaan. Mari simak perbedaan mereka berikut:

1. Apa Perbedaan Vegetarian VS Vegan

Dikutip dari Hubpages, terdapat perbedaan sederhana antara vegetarian dan vegan. Seorang vegetarian masih ada mengonsumsi makanan yang bersumber dari produk daging, sedangkan seorang vegan adalah mereka yang murni tidak mengonsumsi makanan yang bersumber dari daging.

2. Apa Perbedaan Vegetarian VS Ovo Vegetarian

Perbedaan antara vegatarian dan ovo vegetarian juga cukup sederhana. Jika vegatarian masih ada yang mengonsumsi sebagian dari produk hewani. Sedangkan ovo vegetarian hanya mengonsumsi produk hewani yaitu telur.

3. Apa Perbedaan Vegetarian VS Lacto-ovo Vegetarian

Perbedaan antara vegatarian dan lacto-ovo vegetarian juga cukup sederhana. Jika vegatarian masih ada yang mengonsumsi sebagian dari produk hewani. Sedangkan lacto-ovo vegetarian hanya mengonsumsi produk hewani yaitu telur dan susu (sejenisnya).

4. Apa Perbedaan Vegetarian VS Lacto Vegetarian

Perbedaan antara vegatarian dan lacto vegetarian yaitu jika vegatarian masih ada yang mengonsumsi sebagian dari produk hewani. Sedangkan lacto vegetarian hanya mengonsumsi susu.

Jika Anda ingin membaca tentang vegetarian lainnya, Anda dapat membaca pada pengantar vegetarian. Itulah penjelasan singkat tentang apa Itu Vegetarian? dan Jenis-jenisnya. Termasuk vegetarian jenis manakah Anda? Silahkan cantumkan jawaban Anda di kolom komentar ya.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *