Bagaimana Menjadi Vegetarian? Tips Untuk Pemula

bagaimana-menjadi-vegetarian

Bagaimana menjadi vegetarian? Tentu ini akan menjadi hal yang cukup sulit bagi Anda yang baru memilih untuk gaya hidup sehat dengan vegetarian. Lebih-lebih untuk Anda yang pecinta daging, pasti akan menjadi masalah yang cukup besar untuk merubahnya.

Sebelum lebih jauh, apa sih vegetarian itu? Vegetarian adalah pola makan yang meninggalkan makanan berbahan dasar daging dan menggantinya menjadi makanan berbahan dasar sayuran, buah-buahan dan sejenisnya. Lebih detail tentang vegetarian Anda bisa membacanya di Apa Itu Vegetarian? dan Jenis-jenisnya.

Menjadi seorang vegetarian merupakan salah satu jalan yang dapat Anda tempuh untuk menciptakan pola hidup sehat. Sebelum menjadi seorang vegetarian, ada baiknya membaca Alasan Kenapa Orang Menjadi Vegetarian agar menambah keyakinan hati Anda untuk menjadi seorang vegetarian.

Setelah menemukan alasa kenapa menjadi seorang vegetarian. Sekarang mari kita bahas tentang bagaimana menjadi seorang vegetarian? dan apa saja tips nya yang dapat Anda lakukan ketika baru memulainya? Mari simak dibawah ini:

Bagaimana Menjadi Vegetarian?

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai menjadi seorang vegetarian:

1. Meluruskan Niat dan Mengenal Lebih Dalam Tentang Vegetarian

Sebelum memulainya jangan lupa untuk meluruskan niat kalau Anda ingin menjadi seorang vegetarian dan dengan harapan lainnya yang bisa Anda panjatkan dalam do’a.

Menjadi vegetarian bukan hanya menghindari makanan berbahan dasar hewan dan menggantinya dengan makanan berbahan dasar tanaman. Ada banyak tipe-tipe dari vegetarian itu sendiri.

Sehingga, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengenali apa itu vegetarian? tipe-tipe vegetarian, kenali alasan kenapa menjadi vegetarian, manfaat menjadi vegetarian, kelebihan dan kekurangannya, dsb. Dengan mengetahui lebih dalam tentang vegetarian, Anda akan lebih termotivasi untuk menjadi vegetarian.

2. Perlahan Mengurangi Konsumsi Daging

Merubah pola hidup bukanlah hal yang mudah. Sehingga, untuk menjadi vegetarian, Anda harus perlahan mengurangi konsumsi daging yang biasa dilakukan setiap harinya. Tips ini bisa menjadi hal tersulit ketika memulai menjadi seorang vegetarian.

Bagaimana tidak? Anda harus merubah kebiasaan sehari-hari yang telah terbiasa memakan daging. Namun, hal ini patut Anda coba secara perlahan dan bertahap.

Tidak perlu langsung berhenti makan daging hari ini juga. Tetapi, mulailah dari mengurangi makan daging, misalnya dalam minggu pertama hanya makan daging selama tiga kali, minggu kedua makan daging selama dua kali, minggu ketiga hanya makan daging satu kali, dan seterusnya sampai Anda terbiasa tidak memakan daging.

Hal ini dilakukan agar Anda tidak kaget karena melakukan perubahan pola hidup. Selain itu juga berfungsi agar terdapat variasi, sehingga Anda tidak langsung bosan dan bisa lebih menikmati prosesnya.

3. Mencari Alternatif Pengganti Daging

Mencari alternatif pengganti daging merupakan salah satu cara jitu bagi Anda yang ingin menjadi vegetarian. Caranya adalah dengan mengganti makanan yang berbahan dasar hewan menjadi alternatif dari sumber nabati. Berikut ada beberapa alternatif yang bisa Anda coba:

  • Mengganti daging merah menjadi tahu, tempe atau daging tiruan
  • Susu sapi diganti dengan susu kedelai, santan atau susu dari beras
  • Mengganti kaldu ayam menjadi kaldu sayuran.

4. Membuat Menu Sederhana – tips bagaimana menjadi vegetarian

Selain mencari alternatif, Anda juga bisa mencoba untuk membuat sendiri menu sederhana yang terbuat dari bahan-bahan nabati. Misalnya menu sederhana sebagai berikut:

  • Menu sarapan : Membuat roti panggang yang berisi telur dan sayuran atau hanya sayuran
  • Makan siang : Membuat salad buah atau salad sayuran, atau kentang goreng
  • Makan malam : Nasi dan lauk tahu, tempe atau sayuran kesukaan Anda.

5. Luangkan Waktu Untuk Memasak Sendiri

Menjadi seorang vegetarian, terutama yang baru memulai pasti akan sering mendapat godaan untuk kembali kekebiasaan lama. Jika Anda mempunyai waktu luang, Anda bisa mencoba untuk membuat masakan sendiri.

Kenapa harus membuat sendiri? Kan banyak restoran yang menyediakan menu vegetarian. Inilah yang sering dilupakan vegetarian pemula, mereka terlalu terpaku untuk membelinya di luar. Bukan hal yang salah sih sebenarnya.

Namun, jika membuatnya sendiri, Anda akan bebas mengkombinasikan menu makanan tersebut sesuka hati dan bisa membuatnya lebih bervariasi. Sehingga Anda tidak akan mudah bosan dengan menu vegetarian yang bervariasi.

6. Jaga Keseimbangan Nutrisi Harian Tubuh

Menjaga nutrisi yang seimbang, bukan hanya masalah bagi seorang vegetarian, tetapi juga menjadi masalah bagi setiap orang. Karena kebanyakan dari kita terbiasa makan hanya untuk menghilangkan lapar, bukan untuk memenuhi nutrisi tubuh.

Ketika menjadi seorang vegetarian, Anda harus memikirkan alternatif untuk asupan nutrisi yang biasanya Anda dapat dari hewani. Meskipun begitu, biasanya ini akan menjadikan Anda lebih sehat lagi. Kok bisa? Ya bisa dong, karena secara tidak langsung Anda akan dituntut untuk belajar dan lebih memperhitungkan nutrisi makanan yang akan dikonsumsi sebelum mengonsumsinya.

7. Berikan Reward Untuk Diri Sendiri

Ketika mencapai suatu goals, Anda bisa memberikan rewards untuk diri sendiri. Misalnya jika Anda bisa konsisten menjadi seorang vegetarin dalam satu bulan dan bisa menyiapkan makanan sendiri. Maka Anda bisa membeli suatu barang idaman Anda selama ini atau Anda bisa membeli alat masak baru agar lebih bersemangat untuk memasak sendiri.

Namun, jangan lupa untuk sesuaikan budget Anda ya, jangan paksakan untuk memberi reward buat diri sendiri jika budget Anda terbatas. Jika budget Anda terbatas, Anda bisa memberi reward dengan cara lain yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang banyak atau dengan memberi reward ketika mencapai goals yang lebih besar lagi.

Kesimpulan dari Tips Menjadi Vegetarian

Menjadi seorang vegetarian bukanlah hal yang mudah, terutama bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi daging. Tetapi juga bukan hal yang susah untuk mencobanya. Sehingga ada baiknya Anda mengikuti tips bagaimana menjadi vegetarian yang sudah dipaparkan di atas.

Tips bagaimana menjadi vegetarian diatas ini cocok bagi pemula yang baru mencoba untuk menjadi seorang vegetarian dan juga cocok untuk yang sudah menjadi vegetarian, namun mengalami titik jenuh karena terjadi suatu hal. Tips di atas bisa merefresh Anda untuk mengingatkan kembali tujuan untuk menjadi seorang vegetarian.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *