Fakta Tentang Makanan Vegetarian yang Perlu Diketahui

fakta-tentang-makanan-vegetarian

Gaya hidup vegetarian dikaitkan dengan berkurangnya risiko banyak penyakit kronis. Disini kami akan membahas seputar fakta tentang makanan vegetarian yang bisa Anda dapatkan ketika beralih ke pola makan ini.

Banyak yang berpendapat dengan diet vegetarian akan membuat Anda bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Tapi benarkan opini tersebut?

Tentu hal di atas hanya opini kebanyakan orang, tapi belum pasti juga. Opini tersebut dipercaya karena dengan menjadai seorang vegetarian, akan cenderung lebih rendah konsumsi kalori dan lebih tinggi serat. Sehingga dengan kalori yang rendah dan tinggi serat, memungkinkan tubuh untuk merurunkan berat badan jika dilakukan dengan benar.

Jika dilakukan dengan salah, makanan vegetarian malah bisa mengandung kalori yang tinggi dan lemak. Contohnya jika Anda terbiasa memakan daging, lalu menggantinya dengan banyak keju atau kacang-kacangan. Maka hal tersebut hampir sama saja dengan tingginya kalori dan lemak yang terdapat pada daging.

Tentang Vegetarian

Sebelum membahas fakta tentang vegetarian, mari kita mulai membahas hal-hal yang perlu Anda ketahui seputar vegetarian terlebih dahulu. Mari simak berikut ini:

Apa itu vegetarian?

Secara simplenya, vegetarian merupakan pola hidup yang menjauhi diri dari penggunaan produk hewani dalam makanan merka. Lebih dalam pembahasan tentang vegetarian, Anda bisa membacanya di Apa Itu Vegetarian? dan Jenis-jenisnya.

Mengapa menjadi vegetarian?

Ada banyak sekali alasan orang-orang menjadi vegetarian akhir-akhir ini. Satu alasan pasti adalah untuk mengapai hidup yang lebih sehat lagi, dan masih banyak alasan lain lagi. Lebih lanjut tentang alasan orang-orang menjadi vegetarian. Anda bisa membacanya pada Alasan Kenapa Orang Menjadi Vegetarian.

Panduan Menjadi Vegetarian

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian. Ada baiknya Anda membaca panduannya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari masalah kekurangan gizi. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang panduan menjadi seorang vegetarian. Anda bisa membacanya pada Panduan Rencana Diet Vegetarian Bagi Pemula.

Fakta Tentang Makanan Vegetarian

Jika membahas fakta tentang makanan vegetarian, pasti sangat banyak sekali. Dan selalu identik dengan gaya atau pola hidup sehat yang saat ini sedang ramai dan disukai oleh banyak orang.

Orang-orang yang memilih untuk menjadi vegetarian dapat membuat pilihan sepanjang hari yang dapat membantu kesehatan mereka sendiri, planet ini dan begitu banyak hewan ternak yang biasa dijadikan bahan makanan kita. Lebih lengkap fakta tentang makanan vegetarian, mari simak dibawah ini:

1. Keputusan untuk hidup lebih sehat

Fakta pertama dan yang paling digemari banyak orang yang telah menjadi seorang vegetarian adalah hidup yang lebih sehat. Studi terbaru menemukan bahwa pola makan vegetarian atau yang bersumber dari bahan nabat dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena serangan beberapa jenis kanker dan mencegah diabetes tipe 2.

Selain itu, pola makan vegetarian juga dapat mengurangi tingkat tekanan darah dan menurunkan kolesterol.

2. Ramah lingkungan

Vegetarian sangat bagus untuk lingkungan. Bagaimana bisa? Pabrik yang memproduksi daging menjadi produk hewani atau mesin yang mengolah daging berdampak secara langsung terhadap lingkungan seperti emisi gas rumah kaca, deforestasi, polusi udara dan kekurangan air.

Dikutip dari challenge22, ternak dan produk sampingnya bertanggung jawab atas 51% dari seluruh emisi gas rumah kaca diseluruh dunia. Selain itu, diperlukan 2.500 galon air untuk menghasilkan 1 pon daging sapi. Dan peternakan hewan juga bertanggung jawab terhadap sekitar 91% kerusakan hutan hujan amazon.

Sehingga, jika Anda pecinta lingkungan, menjadi seorang vegetarian adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap bisa dinikmati oleh anak dan cucu kita kelak.

3. Setiap vegan, 30 hewan hidup setahun

Banyak hewan di industri makanan disalahgunakan seperi dimutilasi. Menurut chalenge22, industri menggunakan praktik mengerikan ini untuk menghasilkan laba yang lebih banyak.

Ada sekitar 99% dari hewan ternak menghabiskan seluruh hidupnya dilingkungan peternakan. Di seluruh dunia lebih dari 150 juta hewan ternak dibunuh setiap harinya. Dengan menjadi vegetarian, Anda dapat membantu melindungi dan memperjuangkan hak hidup hewan.

4. Mengatasi kelaparan dunia

Penelitian menunjukkan bahwa, kita dapat memberi makan sekitar 4 miliar manusia jika kita menanam tumbuhan secara langsung untuk konsumsi manisia. Daripada memberikan tanaman kepada hewan ternak untuk makanan mereka.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Pada dasarnya, metabolisme tubuh seorang vegetarian rata-rata membakar sekitar 16% kalori lebih cepat jika dibandingkan dengan metabolisme tubuh seorang pemakan daging selama beberapa jam pertama setelah makan.

6. Menyediakan protein lengkap

Dengan vegetarian, ada begitu banyak pilihan yang dapat Anda temukan untuk melengkapi kebutuhan protein harian. Misalnya saja kacang-kacangan, buncis, lentil, tempe, tahu, susu kedelai dan masih banyak lagi pilihan lain yang dapat Anda pilih.

7. Istilah vegan berumur kurang dari 100 tahun

Istilah vegan masih terbilang muda, karena diciptakan sekitar tahun 1940an oelh aktivis hak-hak hewan Inggris yaitu Donald Watson. Vegan menggambarkan filosofi tentang hewan tidak boleh dieksploitasi dan disakiti untuk makanan dan tujuan lain.

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali fakta menarik tentang vegetarian. Banyak sekali orang menjadi vegetarian lantaran lebih peduli tentang kesehatan tubuhnya dan peduli terhadap hak-hak hewan.

Itulah beberapa fakta yang dapat kami rangkum dari beberapa sumber. Siapkah Anda untuk menjadi seorang vegetarian dan ikut serta dalam membantu lingkungan yang lebih baik lagi? Selamat mencoba!!

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *