Kebutuhan Gizi Vegetarian yang Wajib Diketahui

kebutuhan-gizi-vegetarian

Pada menu makanan vegetarian tidaklah memiliki nutrisi yang sama seperti daging. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kebutuhan gizi vegetarian agar tetap bisa menjaga kebutuhan nutrisi harian oleh tubuh.

Menjadi vegetarian memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah menjadikan tubuh menjadi lebih sehat karena menghindari lemak jahat yang bersumber dari hewan. Lebih lengkap tentang manfaat vegetarian, Anda bisa membaca Alasan Kenapa Orang Menjadi Vegetarian.

Kebutuhan Gizi Vegetarian

Untuk mendapatkan semua manfaatnya, Anda harus memperhatikan pola makan dan kandungan gizinya. Jika tidak berhati-hati, Anda akan kekurangan banyak nutrisi penting setiap harinya. Berikut omahvegan rangkumkan tentang kebutuhan gizi vegetarian:

1. Protein

Protein merupakan salah satu gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita selain lemak dan karbohidrat, protein seharusnya menjadi nutrisi yang wajib Anda dapatkan pada setiap menu makanan.

Agar tubuh kita dapat bekerja optimal, Anda harus mengonsumsi protein yang cukup setiap harinya. Kebutuhan protein harian tubuh kita adalah berkisar antara 56-66 gram. Untuk mencari tahu berapa kandungan protein pada makanan, Anda bisa membuka kalkulator gizi pada situs-situs terpercaya di google.

Beberapa fungsi protein untuk tubuh adalah untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, mempercepat reaksi kimia di dalam tubuh, memberi struktur tubuh, komunikasi antar bagian tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, mengangkut dan menyimpan zat gizi, serta menjaga keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh kita.

Kebanyakan vegetarian seringkali mengalami kekurangan protein, terutama bagi mereka pecinta daging, biasanya mereka mendapatkan asupan protein dari daging. Ketika menjadi vegetarian, jika mereka tidak memperhatikan pola makan, maka bisa berakibat fatal bagi tubuh karena kekurangan protein.

Untuk mengetahui menu makanan vegetarian apa saja yang bisa Anda nikmati di pagi hari. Anda bisa membacanya pada 5 Menu Sarapan Vegetarian yang Sehat.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang berperan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar optimal, tubuh kita memerlukan vitamin B12 sekitar 2,4 mcg setiap harinya. Untuk vegetarian, Anda bisa mendapatkan vitamin B12, dengan mengonsumsi susu kedelai.

Sedangkan manfaat vitamin B12 adalah untuk menjaga kesehatan tulang, mendukung fungsi sel saraf, pembentukan sel darah merah, pembentukan DNA, mengurangi depresi, menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia, mencegah demensia dan bisa mencegah cacat lahir bagi kehamilan Anda.

3. Kalsium

Kalsium merupakan jenis mineral yang berfungsi untuk pertumbuhan, pemeliharaan gigi dan tulang. Saat pertumbuhan, tubuh kita memerlukan lebih banyak asupan kalsium agar mempercepat pertumbuhan.

Selain itu, kalsium juga sangat dibutuhkan ketika pemulihan tulang patang, gigi rusak dan wanita menyusui atau hamil. Kebutuhan kalsium orang dewasa adalah sekitar 1000-1200 mg setiap harinya. Sedangkan pada anak kecil, membutuhkan lebih dari 1500 mg kalsium setiap harinya, agar dapat mempercepat pertumbuhan.

Untuk mendapatkan kalsium yang cukup, Anda bisa menemukannya pada makanan seperti brokoli, bayam, kacang-kacangan, buah-buahan, susu, keju, tahu, tempe dsb.

Bagi Anda yang sudah dewasa, kalsium sangat dibutuhkan tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah tulang keropos dan bisa mencegah kanker. Jika Anda kekurangan kalsium, tanda-tandanya adalah terjadi kesemutan pada jari, cepat lelah, otot kram dan nafsu makan yang berkurang.

4. Zat Besi

Zat besi berfungsi untuk menjaga tubuh kita agar terhindar dari anemia, menjaga kesehatan rambut, kulit, kuku dan sel-sel tubuh lainnya. Selain itu, zat besi juga merupakan komponen utama dalam pembentukan hemoglobin (sel darah merah).

Manfaat dari zat besi adalah mencegah ganguan belajar pada anak usia dini, meningkatkan daya pikir, kemampuan belajar, konsentrasi dan daya ingat yang lebih baik. Untuk mendapatkan zat besi yang cukup, Anda bisa mengonsumsi susu kedelai, jus jeruk, kacang-kacangan, biji wijen dan sereal yang tentunya cocok untuk vegetarian.

5. Omega 3

Omega 3 adalah asal lemak yang sangat dibutuhkan tubuh, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk mendapatkan omega 3, biasanya Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis ikan. Namun, bagi vegetarian Anda bisa mengonsumsi biji chia, walnut, edamame dan flaxseed.

Manfaat omega 3 adalah untuk meningkatkan kesehatan penglihatan, meningkatkan kecerdasan (terutama untuk anak kecil), melawan peradangan, melawan autoimun, mengurangi asma pada anak kecil dan dapat mengurangi nyeri akibat menstruasi bagi wanita.

6. Zat Zinc

Zat zinc (Zn) adalah salah satu mineral yang berfungsi untuk mendukung kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, zat zinc juga berfungsi untuk merangsang ratusan enzim untuk mempercepat penyembuhan luka, pembau dalam tubuh dan kemampuan perasa.

Kebutuhan zinc harian adalah 9 mg bagi wanita dewasa dan 11 mg bagi pria dewasa. Untuk mendapatkan zinc yang cukup, seorang vegetarian bsia mengonsumsi biji labu, kacang tanah, kentang rebus dan brown rice.

Kesimpulan

Ada banyak sekali kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Untuk bekerja secara opimal, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap setiap harinya. Bagi seorang vegetarian, Anda bisa mengonsumsi beberapa nutrisi diatas agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah pembahasan tentang kebutuhan gizi vegetarian yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda sedang ingin mengubah pola makan menjadi seorang vegetarian, ada baiknya Anda membaca kumpulan artikel pada pengantar menjadi vegetarian.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *