Kebutuhan Nutrisi Harian Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

kebutuhan-nutrisi-harian-tubuh

Kita memerlukan asupan nutrisi setiap hari untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Kebutuhan nutrisi harian tubuh berbeda-beda setiap orangnya. Sehingga, Anda perlu mengetahuinya agar lebih mudah ketika memilih makanan dan minuman yang perlu dikonsumsi setiap harinya.

Nutrisi harian yang diperlukan tubuh, pada umumnya berupa protein, karbohidrat, vitamin, lemak, serat dan mineral. Namun yang perlu diperhatikan adalah tingkat/jumlah nutrisi yang dikonsumsi setiap harinya haruslah tepat, atau tidak kurang dan tidak lebih. Jika lebih atau kurang, maka bisa berdampak buruk untuk tubuh kita.

Kebutuhan Nutrisi Harian Tubuh Kita

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada beberapa jenis kebutuhan nutrisi harian yang wajib dikonsumsi setiap harinya. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak penjelasan lebih detailnya dibawah ini:

1. Protein

Protein merupakan salah satu kebutuhan nutrisi harian tubuh yang wajib Anda konsumsi setiap harinya. Fungsi utama protein adalah untuk menjaga massa otot agar dapat berfungsi normal dengan cara membakar lemak yang ada di dalam tubuh dengan baik. Selain itu, protein juga berfungsi untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh, menghasilkan enzim dan pertumbuhan.

Dikutip dari halodoc, pada umumnya, kebutuhan protein harian seorang wanita dengan berat badan normal berkisar antara 46-50 gram setiap harinya. Sedangkan kebutuhan protein harian pria dengan berat badan normal adalah sekitar 60 gram setiap harinya.

Jumlah tersebut merupakan 10% dari kebutuhan makan harian Anda. Di dalam tubuh kita sendiri, terdapat protein sekitar 1/6 dari berat badan kita.

Baca juga : Roti Putih dan Gandum, Mana yang Lebih Sehat?

2. Karbohidrat

Karbohidrat mempunyai fungsi utama sebagai sumber energi yang akan digunakan untuk beraktivitas. Kekurangan karbohidrat dapat membuat aktivitas Anda terganggu, seperti tubuh lemes, cepat lelah dsb.

Pada umumnya, kebutuhan karbohidrat harian orang dewasa adalah sekitar 300-400 gram setiap harinya. Jika Anda sedang diet, Anda bisa mengonsumsi 50% dari kebutuhan karbohidrat harian atau sekitar 150-200 gram setiap hari.

Menurut Medical News Today, jika Anda ingin menurunkannya lagi, setidaknya Anda bisa mengonsumsi minimal 40% dari kebutuhan karbohidrat harian. Jika itu yang Anda lakukan, ada baiknya Anda mengonsumsi lebih banyak protein yang bisa di dapat di kacang-kacangan bagi seorang vegetarian.

3. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral berfungsi untuk membantu pembentukan energi dan proses berpikir. Bagi vegetarian, Anda bisa mendapatkan vitamin dan mineral pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda bisa mendapatkan sekitar 40 kalori didalam 1 buah-buahan. Di bawah ini merupakan tabel tentang kebutuhan protein harian bagi tubuh kita yang dikutip dari klikdokter:

VitaminDisarankan (/hari)Maksimum (/hari)
Vitamin A3000 IU10.000 IU
Vitamin B11,2 mgBelum ditentukan
Vitamin B2 1,3 mgBelum ditentukan
Vitamin B316 mg35 mg
Vitamin B61,3 mg100 mg
Vitamin B9400 mcg1000 mcg
Vitamin B122,4 mcgBelum ditentukan
Vitamin B 30 mcgBelum ditentukan
Vitamin C90 mg2000 mg
Vitamin D600 IU4000 IU
Vitamin E33 IU1100 IU
Vitamin K120 mcgBelum ditentukan

4. Lemak

Bicara soal lemak, lemak ternyata terbagi menjadi dua macam, yaitu lemak jahat (lemak jenuh) dan lemak baik (lemak tak jenuh). Keduanya sama-sama mudah dikonsumsi. Lemak baik dapat Anda dapatkan dari alpukat dan kacang-kacangan.

Sedangkan lemak jahat, sering terdapat pada jeroan, gorengan atau makanan yang diolah dengan cara digoreng. Menurut WHO, konsumsi harian lemak yang direkomendasikan tidak lebih dari 30% dari total kebutuhan energi setiap harinya. Agar lebih bermanfaat buat tubuh, ada baiknya Anda mengonsumsi lemak baik, bukan lemak jahat.

5. Serat

Serat merupakan salah satu komponen terpenting untuk memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh, terlebih lagi jika Anda yang sedang diet, serat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Itu juga yang menjadi salah satu alasan kenapa vegetarian dapat menurunkan berat badan lebih cepat jika dibandingkan dengan pemakan segala yang lebih sedikit serat di dalam makanannya.

Bagi vegetarian, mendapatkan serat lebih mudah, karena banyak serat terdapat pada sayuran seperti kacang panjang, tauge, wortel, kankung dan sayuran lainnya. Pada umumnya, tubuh orang dewasa membutuhkan 25-29 gram serat setiap harinya. Untuk memenuhinya, Anda bisa mengonsumsi lebih banyak sayuran setiap harinya.

Baca juga : 7 Sayuran Paling Sehat Untuk Vegetarian

Kebutuhan Nutrisi Harian Setiap Orang Berbeda

Tahukan Anda, ternyata setiap orang mempunyai kebutuhan nutrisi harian yang berbeda-beda. Hal ini dengan mudah bisa Anda lihat di dalam keluarga sendiri. Di dalam keluarga, tidak hanya usia, berat badan, dan aktivitas saja yang berbeda-beda, kebutuhan nutrisi harian juga berbeda setiap orangnya.

Anggota keluarga yang paling sibuk biasanya membutuhkan nutrisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang hanya makan dan tidur saja setiap harinya. Berdasarkan aktivitas tersebut, maka dapat kita ketahui bahwa setiap orang pasti memiliki perbedaan dalam kebutuhan nutrisi hariannya.

Faktor Pembeda Kebutuhan Nutrisi Harian Setiap Orang

Menurut Kemenkes Indonesia, kebutuhan nutrisi merupakan jumlah zat gizi yang dibutuhkan oleh setiap orang, dengan jumlah yang berbeda-beda setiap orangnya. Faktor yang mempengaruhi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan orang lain adalah jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas, tinggi badan dan berat badan.

Bagaimana Saya Bisa Menghitung Kebutuhan Nutrisi Harian?

Saat ini, sudah banyak sekali alat bantu untuk menghitung kebutuhan nutrisi harian tubuh. Saya sendiri menggunakan kalkulator perhitungan kalori yang disediakan oleh hello sehat. Saya hanya perlu memasukkan jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, usia dan tingkat aktivitas harian. Anda juga bisa dengan mudah mencobanya, tinggal kunjungi aja halaman tersebut. Disana juga terdapat penjelasan yang cukup jelas. Sehingga, tidak akan membuat Anda kebingungan.

Baca juga : 5 Menu Sarapan Vegetarian yang Sehat

Kesimpulan

Kebutuhan nutrisi harian tubuh setiap orang selalu berbeda-beda. Anda dengan ibu dan ayah Anda saja sudah berbeda, jadi ada baiknya Anda bisa menyempatkan waktu untuk menghitung kebutuhan nutrisi harian sendiri. Selain berbeda setiap orang, setiap periode tertentu juga kemungkinan berbeda, karena bisa tergantung dari seberapa berat aktivitas harian Anda. Jika pekerjaan Anda adalah makan dan tidur setiap harinya, maka kebutuhan nutrisi harian tubuh nya tentu akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang yang bekerja 8 jam sehari.

Jika Anda seorang yang sedang mencoba pola makan vegetarian, ada baiknya Anda membaca Panduan Lengkap Rencana Diet Vegetarian Bagi Pemula, agar Anda dapat konsisten dan semakin termotivasi untuk menjadi seorang vegetarian.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *