Kenapa Vegetarian Lebih Sehat Daripada Pemakan Segala?

kenapa-vegetarian-lebih-sehat

Kenapa vegetarian lebih sehat daripada pemakan segala? Banyak yang berpendapat bahwa pola makan vegetarian lebih sehat daripada pemakan segala. Kira-kira apa saja fakta pendukung opini tersebut, simak artikel ini sampai selesai.

Vegetarian sedang populer akhir-akhir ini, terutama bagi masyarakan Amerika Serikat, Eropa, Australia dan negara-negara lainnya. Di Indonesia sendiri sudah mulai populer juga, terutama di kota Jakarta. Lebih-lebih mereka yang berprofesi sebagai selebriti.

Dikutip dari mdlinx, secara keseluruhan ada 3,3% orang dewasa di Amerika Serikat menganggap diri mereka adalah vegetarian. Dan hampir 50% dari 3,3% tersebut adalah vegan. Kebanyakan vegetarian sekarang adalah orang dewasa yang telah lebih sadar akan kesehatan, kepercayaan diri, atau kombinasi keduanya.

Alasan Kenapa Vegetarian Lebih Sehat?

Vegetarian bisa lebih sehat selama dilakukan dengan benar. Jika Anda ingin mengetahui panduan menjadi vegetarian, bisa membaca artikel tentang Panduan Rencana Diet Vegetarian. Berikut beberapa alasan kenapa vegetarian lebih sehat yang telah kami rangkum dari berbagai situs:

1. Banyak peneliti sepakat tentang manfaat kesehatan vegetarian

Ada banyak sekali manfaat kesehatan vegetarian jika dibandingkan pemakan segala. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vegetarian dapat dikaitkan dengan manfaat mencegah beberapa jenis kanker, tekanan darah yang lebih rendah, kolestorel jahat yang lebih rendah, glukosa darah yang lebih baik.

Para peneliti dari studi EPIC-Oxford, Adventist Health Study-2 dan Swedis Cohort di Swedia telah sama-sama sepakat terhadap manfaat dari vegetarianisme.

2. Mencegah kanker

Dikutp dari kompas.com, Beberapa peneliti dari Southern California University menemukan bahwa orang-orang pemakan hewan atau makanan yang kaya akan protein hewani. Mempunyai empat kali kemungkinan untuk meninggal akibat kanker jika dibandingkan dengan seorang vegetarian yang lebih banyak mendapat protein dari nabati.

3. Lebih sehat jika dilakukan dengan benar

Emang ada ya vegetarian yang dilakukan dengan tidak benar? Ya ada dong, contohnya adalah vegetarian yang mengonsumsi lemak keju yang berlebihan. Jika itu Anda, maka itu merupakan cara yang salah, dimana sama saja Anda mengonsumsi banyak daging.

Menurut ahli gizi Jaime Mass, vegetarian tidak bisa menjamin kesehatan Anda. Tapi vegetarian sehat adalah tentang bagaimana Anda memilih makanan. Vegetarian yang baik mengonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran dan tetap diimbangi dengan aktivitas fisik seperti olahraga. Sehingga, jika dilakukan dengan benar, Anda akan merasakan manfaat kesehatannya seiring berjalan waktu.

4. Vegetarian fleksibel adalah yang paling mudah

Jenis vegetarian fleksibel merupakan cara terbaik untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis vegetarian lainnya.

Kenapa itu bisa terjadi? Hal ini terjadi karena vegetarian fleksibel dapat sesekali mengonsumsi daging, ikan atau unggas. Jadi vegetarian fleksibel tidak terpaku harus menghilangkan suatu bahan makanan.

5. Mengandung banyak serat

Serat dapat ditemukan pada kandungan makanan yang bersumber nabati. Jika Anda vegetarian, serat dapat bermanfaat untuk mengikat air yang terdapat didalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan tubuh. Sehingga akan membuat Anda lebih sehat.

Kesimpulan

Ada banyak sekali alasan kenapa vegetarian lebih sehat jika dibandingkan dengan pemakan segala. Mereka bisa merasakan manfaat kesehatan tubuh yang lebih baik jika dibandingkan ketika mereka mengonsumsi segala jenis makanan, terutama daging.

Untuk mendapatkan segala manfaat kesehatan, ada baiknya Anda mengikuti panduan menjadi vegetarian yang telah kami cantumkan di atas. Ketika sudah menjadi vegetarian, jangan lupa untuk memilih makanan yang selalu mengandung gizi lengkap bersumber dari nabati.

Apakah Anda sudah menemukan kenapa vegetarian lebih sehat? Jika sudah, Anda bisa sharing di kolom komentar pengalaman sehat Anda ketika menjadi seorang vegetarian agar bisa bermanfaat bagi orang lain.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *