Ampuh Cegah Kanker, Ini Khasiat Kol Untuk Kesehatan

khasiat-kol-untuk-kesehatan

Ada banyak sekali khasiat kol untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu khasiat kol yang jarang diketahui banyak orang adalah dapat mencegah kanker. Di Indonesia, kol lebih dikenal dengan sebutan kubis dan sayuran yang dapat memicu produksi gas di dalam perut.

Meskipun begitu, terdapat banyak sekali manfaat kol bagi kesehatan tubuh kita. Terutama dalam mencegah tumbuhnya kanker. Sebelum lebih jauh membahas tentang khasiat kol, mari kita kenali kol lebih dahulu.

Apa Itu Kol?

Menurut emedicinehealth, kol merupakan tanaman yang biasa dimakan oleh masyarakat kita sebagai sayuran. Dan biasa juga dikenal dengan sebutan kubis. Selain sebagai sayuran, kol juga bisa digunakan untuk obat.

Kol digunakan untuk sakit perut, asam lambung berlebih, asma, mual, usus, tukak lambung dan kondisi perut yang lebih dikenal dengan Sindrom Roemheld. Selain itu, kol juga digunakan untuk mencegah osteoporosis, kanker payudara, kanker paru-paru dan beberapa jenis kanker lainnya.

Baca juga : Apa Itu Vegetarian? dan Jenis-jenisnya

Jenis-Jenis Kol dan Kandungannya

Tahukah Anda? Ternyata kol mempunyai 4 macam jenis yang dapat kita konsumsi. Tentu dengan manfaat yang berbeda juga di setiap jenisnya. Berikut jenis-jenis kol:

1. Kol Ungu

Kol jenis ini agak susah di temukan jika dibandingkan dengan kol hijau. Kubis ungu biasanya lebih mudah didapatkan di supermarket. Kol ungu mempunyai kandungan vitamin C yang lebih baik jika dibandingkan kol hijau yang lebih mudah ditemui di sekitar Anda. 70 gram kol ungu mengandung 216 mg potasium, 2 g serat, vitamin A dan 51 mg vitamin C.

2. Kol Hijau

Kol hijau merupakan kol yang lebih biasa dan lebih mudah ditemukan disekitar Anda. Anda dapat menemukannya di pedagang sayur keliling, supermarket, pasar tradisonal atau pasar modern.

Bagi vegetarian, kol hijau cukup bagus dikonsumsi ketika mentah. Namun sebelum dimakan, biasanya kulit terluar dari kol hijau akan dibuang terlebih dahulu. Kol hijau mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, beberapa vitamin B, C, dan E.

3. Kol Savoy

Kol savoy merupakan kubis dengan kepala yang ditandai dengan daun bergelombang keriting dan banyak urat pada luarnya. Dalam 100 gram kubis ini, mengandung Kalori (kcal) 27, Lemak 0.1 g, Natrium 28 mg, Kalium 230 mg, Karbohidrat 6 g, Serat pangan 3.1 g, Gula 2.3 g, Protein 2 g, Vitamin A , beberapa vitamin B, C, zat besi, kalsium dan magnesium.

4. Kol Napa

Di Indonesia, kubis jenis ini lebih dikenal dengan sawi putih atau dikenal dengan bahasa latin Brassica rapa subsp. pekinensis. Kol jenis ini juga mengandung banyak sekali nutrisi yang bagus buat tubuh. Dalam 100 g nya mengandung Kalori 12, Lemak 0.2 g, Natrium 11 mg, Kalium 87 mg, Karbohidrat 2.2 g, Protein 1.1 g, Vitamin A, beberapa B, C, D, kalsium, zat besi dan magnesium.

Baca juga : 7 Sayuran Paling Sehat Untuk Vegetarian

Cara Kerja Kol Dalam Mencegah Kanker

Kol mengandung bahan kimia yang dipercaya dapat mencegah kanker. Dalam perjalanannya, kol mengubah estrogen dalam tubuh untuk mengurangi risiko kanker payudara. Meskipun begitu, cara kerja kimia ini terbilang agak susah dipahami sehingga dapat mencegah kanker payudara.

Khasiat Kol Untuk Kesehatan

Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa ditemukan di Indonesia, terutama pada warung lesehan, pecel lele, hampir setiap warung ini menyediakan kol sebagai menu tambahannya. Ternyata kol mempunyai nilai kesehatan yang bagus buat tubuh kita. Apa sajakah itu? Simak berikut ini:

1. Khasiat Kol Dapat Mencegah Kanker

Dikutip dari liputan6, manfaat terbesar ketika konsumsi kol adalah dapat mencegah kanker. Kenapa itu bisa terjadi? Hal ini terjadi karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalam kol itu sendiri. Dalam 100 gram kol hijau misalnya, terdapat Vitamin C sebesar 36.6 mg.

Selain itu, vitamin C ini juga dapat mencegah tubuh dari radikal bebas yang dapat mendatangkan berbagai macam penyakit, termasuk kanker didalamnya.

2. Menjaga Jantung

Selain dapat mencegah kanker, ternyata kol juga dapat menjaga jantung agar tetap berfungsi normal seperti seharusnya. Warna ungu kemerahan yang terdapat pada kol ungu berasal dari antioksidan yang bernama anthocyanin, berfunsi untuk menurunkan kardiovaskular.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kol mengandung kalium yang cukup banyak, berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah Anda. Kalium tertinggi, terdapat pada kol ungu.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat sayur kol terakhir adalah dapat melancarkan sistem pencernaan Anda. Serat yang terdapat didalam kol, mampu menunjang kinerja sistem pencernaan tubuh manusia untuk menjadi lebih baik. Disamping itu, serat juga dapat membantu mencegah susah buang air besar.

Baca juga : Kenapa Vegetarian Lebih Sehat Daripada Pemakan Segala?

Beberapa Jenis Kanker yang Bisa Dicegah Oleh Kol

Ada beberapa jenis kanker yang dapat dicegah oleh kol, adalah sebagai berikut :

  • Kanker kolorektal
  • Kanker perut
  • Breast cancer (kanker payudara)
  • Kanker kandung kemih
  • Pancreatic cancer
  • Kanker prostas
  • Kanker paru-paru

Kesimpulan

Ada banyak sekali khasiat kol untuk kesehatan, manfaat terbesar yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi kol adalah dapat mencegah kancer. Bagi vegetarian, kol sangat cocok untuk di konsumsi ketika mentah, karena kandungan gizinya dipercaya lebih tinggi jika dibandingkan ketika sudah dimasak menjadi sayuran.

Demikian artikel tentang khasiat kol untuk kesehatan ini. Biasanya, kol Anda jadikan sebagai bahan masakan apa yang paling enak dikonsumsi? Silahkan sampaikan di kolom komentar agar bisa memberikan manfaat buat pembaca lainnya. Terima kasih.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *