5 Menu Sarapan Vegetarian yang Sehat

menu-sarapan-vegetarian

Menjadi vegetarian bukan perkara mudah bagi pecinta daging. Kadang kala, hal itu membuat jenuh karena belum terbiasa mengonsumsi makanan berbahan dasar nabati. Sehingga kami akan membahas 5 menu sarapan vegetarian yang sehat untuk Anda.

Protein terbesar dari tubuh kita biasanya bersumber dari hewani. Anda bisa menjadi kurang bersemangat dan bisa mudah jatuh sakit jika kekurangan protein. Menjadi vegetarian akan mengurangi sumber protein utama Anda yang biasanya dari hewan. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa mencukupi kebutuhan protein harian dengan menu sarapan vegetarian sehat berikut ini:

Menu Sarapan Vegetarian

Menjadi seorang vegetarian, memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh Anda. Salah satunya adalah dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung, kanker dan diabetes. Untuk mengetahui banyaknya manfaat vegetarian, Anda bisa membaca Alasan Kenapa Orang Menjadi Vegetarian.

Sayangnya, dikutip dari hellosehat bahwa sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa para vegan mengaku rentan terserang penyakit yang disebabkan karena kekurangan asupan protein. Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memenuhi kebutuhan protein dengan berbagai macam menu sarapan sehat di bawah ini:

1. Tahu tempe kacang buncis orak-arik

Siapa yang belum mengenal menu telur orak-arik? Sepertinya hampir semua orang sudah akrab dengan menu ini. Alih-alih Anda seorang vegetarian yang tidak bisa mengonsumsi telur, kenapa tidak mencoba untuk menggantinya dengan tahu, tempe dan kacang buncis?

tahu-tempe-menu-sarapan-vegan
Sumber: Women’s Health

Manu sarapan ini cocok untuk mengawali hari sibuk Anda, karena setiap 100 gram tahu mengandung 8 gram protein, setiap 100 gram tempe mengandung 19 gram protein dan setiap 100 gram kacang buncis mengandung 1.8 gram protein.

Jika ketiga bahan nabati ini dicampur dalam satu menu sarapan vegan, maka akan mengandung sekitar 28.8 gram protein yang sudah hampir mencapai 50% dari kebutuhan harian protein tubuh. Dimana menurut tabel AKG Kemenkes RI, kebutuhan protein harian masyarakat Indonesia berkisar antara 56-66 gram setiap harinya.

Cara memasaknya pun terbilang cukup mudah, tumis tahu, tempe dan kacang buncis dengan minyak goreng, tambahkan garam dan bumbu dapur secukupnya. Sepiring sarapan ini sudah cukup untuk membuat Anda dapat beraktivitas di pagi hari.

2. Menu sarapan vegan dengan smoothies

Untuk menyegarkan dahaga di pagi hari, Anda dapat membuat segelas smoothies buah sebelum memulai beraktivitas. Anda bebas membuatnya dengan buah apa saja. Namun, ada baiknya Anda membuatnya dengan buah alpukat, kenapa alpukat? Karena alpukat mengandung 2 gram protein pada setiap 100 gramnya.

smoothies-alpukat-untuk-sarapan
Sumber: Grid id

Untuk menambah kandungan protein ketika sarapan, bisa menambahkan kacang dalam smoothie Anda, kenapa harus kacang? Karena 100 gram kacang mengandung 21 gram protein. Sehingga ketika sarapan, Anda sudah mendapatkan sekitar 23 gram protein di pagi hari.

3. Oatmeal biji chia

Jika Anda pecinta oatmeal ketika sarapan, Anda bisa mencoba oatmeal biji chia, karena 100 gram biji chia mengandung 17 gram protein. Selain mengandung protein yang tinggi, biji chia juga dipercaya bisa menangkal berbagai macam penyakit. Namun, jika ingin menambah lebih banyak protein, tambahkan berbagai macam buah-buahan sesuai selera Anda.

menu-sarapan-oatmeal
sumber unair

Cara membuatnya juga sangat mudah, campurkan oat secukupnya, biji chia secukupnya, lalu tambahkan irisan buah-buahan sesuai selera Anda. Oat yang disajikan dalam satu mangkut mengandung sekitar 28 gram protein. Tentu sarapan ini sudah cukup memenuhi kebutuhan protein pagi Anda agar lebih berenergi di pagi hari.

4. Burrito kacang tofu

Ingin mencoba sarapan dengan menu makanan yang berasal meksiko? Namun tidak mau menghancurkan pola vegetarian yang telah Anda terapkan. Jangan khawatir, Anda bisa mencoba Burrito.

Biasanya makanan ini terdiri dari tortila gandum yang dipadukan dengan daging. Namun karena Anda seorang vegetarian, daging bisa diganti dengan kacang tofu dan dipadukan dengan sayuran lain.

Burrito kacang tofu
sumber : republika

Satu lembar tortila gandum mengandung 4 gram protein, jika dikombinasikan dengan kacang, bisa menambah jumlah kandungan protein, karena 100 gram kacang berisi 21 gram protein. Jadi, menu sarapan yang satu ini berisi sekitar 25 gram protein untuk membantu menambah energi Anda.

5. Menu sarapan vegan : Salad buah

Nah menu satu ini biasanya menjadi salah satu menu terfavorit bagi banyak orang. Jadi tidak salahnya Anda untuk mencoba salad buah ketika sarapan pagi. Membuatnya pun tidak terlalu susah, Anda hanya perlu memotong buah-buahan yang diinginkan. Sehingga patut dicoba ketika sarapan pagi.

salad-buah
sumber : grid id

Untuk menambah kandungan nutrisi dan memperkaya rasa, tambahkan kacang-kacangan dan susu kedelai. Cakupan protein pada salad buah ini bisa berisi sekitar 18 gram protein untuk mengisi kebutuhan protein di pagi hari.

Kesimpulan

Ada banyak sekali menu sarapan vegetarian yang dapat Anda coba, sudah kami paparkan 5 menu sarapan vegetarian yang sehat. Selain mengandung protein tinggi yang bisa menggantikan protein hewani, tetapi juga mengandung nutrisi lain yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda.

Jika Anda mempunyai pengalaman membuat menu sarapan, Anda bisa berbagi pengalaman dikolom komentar, agar bisa menambah referensi buat teman-teman yang lain. Selamat mencoba!!

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *