Ternyata Ini Perbedaan Vegan dan Vegetarian

perbedaan-vegan-dan-vegetarian

Seringkali dianggap sama ternyata terdapat perbedaan vegan dan vegetarian. Mereka sama-sama tidak mengkonsumsi daging. Namun tetap vegan lebih ketat dan juga melarang produk telur, susu, madu dan barang-barang lainnya yang berasal dari produk hewani.

Baik vegan atau vegetarian semakin populer akhir-akhir ini. Namun beberapa orang mungkin menemukan perbedaan yang agak membingungkan diantara kedua diet ini. Oleh karena itu, kita akan membahas perbedaan vegan dan vegetarian.

Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Perbedaan jelas antara vegan dan vegetarian adalah vegan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari produk hewani. Namun, vegetarian masih memungkinkan memakan makanan yang berasal dari produk hewan, seperti susu dan telur.

Perbedaan Berdasarkan Arti

Menurut kebanyakan masyarakat, vegetarian merupakan orang yang tidak memakan produk-produk hewani atau produk sampingan yang berasal dari penyembelihan hewan.

Vegetarian biasanya mengonsumsi berbagai macam biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran, serta pengganti daging yang berasal dari sumber nabati. Sedangkan, vegan merupakan salah satu jenis dari vegetarian yang lebih ketat dan hati-hati dalam mengonsumsi makanan.

Vegan menghindari makanan yang berasal dari produk hewani atau produk sampingannya. Seorang vegan biasanya mendefinisikan vegan sebagai sebuah cara hidup yang berusaha untuk mengecualikan segala bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap binatang, termasuk pakaian, makanan atau tujuan lainnya.

Selain menghindari makanan dan minuman yang berasal dari hewan. Vegan juga memperluas prinsipnya diluar hal tersebut, seperti menghindari produk apapun yang secara langsung atau tidak langsung melibatkan pemanfaatan hewan.

Baca juga : Apa Itu Vegetarian? dan Jenis-jenisnya

Beberapa Jenis Makanan yang Dihindari Vegan dan Vegetarian

Ada beberapa jenis makanan yang tidak dikonsumsi oleh vegan, simak berikut ini:

  • Unggas, seperti ayam, burung dan bebek
  • Daging, seperti daging sapi, kambing, kerbau, babi dan hewan buruan lainnya
  • Ikan dan sejenisnya
  • Serangga
  • Gelatin dan jenis protein hewani lainnya
  • Lemak yang berasal dari hewan
  • Produk susu, seperti susu, yogurt dan keju
  • Madu
  • Telur

Selain tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman, vegan juga tidak menggunakan barang-barang yang berasal dari hewan, seperti:

  • Barang-barang berasal dari kulit, seperti, tas, jaket, sepatu dll
  • Wol
  • Sutra
  • Lilin lebah
  • Sabun, lilin dan produk lain yang mengandung lemak hewani
  • Kosmetik atau produk sejenisnya yang berasal dari hewan
  • Produk lateks yang mengandung kasein dari protein susu.

Sedangkan, berikut beberapa jenis makanan yang tidak dikonsumsi oleh vegetarian:

  • Unggas, seperti ayam, burung dan bebek
  • Daging, seperti daging sapi, kambing, kerbau, babi dan hewan buruan lainnya
  • Ikan dan sejenisnya
  • Serangga
  • Gelatin dan jenis protein hewani lainnya
  • Lemak yang berasal dari hewan

Secara keseluruhan tentang perbedaan jenis makanan vegan dan vegetarian diatasvegetarian diatas, ternyata banyak vegetarian juga menganut gaya hidup menghindari penggunaan barang-barang yang berasal dari kulit hewan dan sejenisnya.

Perbedaan Menurut Kesehatan

Dikutip dari medical news today, baik vegan atau vegetarian, sama-sama menawarkan manfaat kesehatan yang hampir sama dan mendorong orang untuk lebih banyak mangonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan padat gizi. Sangat sulit untuk mengatakan mana yang lebih sehat, karena kedua macam diet ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak berbeda jauh.

Misalnya saja, tidak seperti vegan, ada jenis vegetarian yang mendapatkan kalsium, vitamin D dan fosfor dari produk susu. Namun, bagi vegan menghindari telur dan susu dapat meembantu menjaga kadar kolesterol mereka.

Selain itu, vegan juga berisiko mengalami defisiensi asam lemak omega 3, khususnya EPA dan DHA ketika mengonsumsi sumber nutrisi nabati ini. DHA diperlukan untuk memperbaiki fungsi dan koginisi otak, serta menghindari susah ingatan. Sedangkan vegetarian sangat mudah untuk mendapatkan EPA dan DHA lebih mudah dari telur.

Secara keseluruhan, baik menggunakan pola makan vegan atau vegetarian tetap tidak menjamin kesehatan yang lebih baik jika tidak menjaga pola makan dan aktivitas fisik yang teratur.

Baca juga : Kenapa Vegetarian Lebih Sehat Daripada Pemakan Segala?

Saya Sedang Diet, Mana yang Lebih Baik?

Menurut sebuah studi cross-sectional dari tahun 2006 yang melibatkan 21.966 peserta dan tinjauan tahun 2014 dari tiga studi kohort prospektif yang melibatkan Advent di Amerika Utara keduanya menunjukkan bahwa vegan umumnya memiliki BMI lebih rendah daripada vegetarian dan pemakan segala.

Penjelasan ini menjadi tren karena vegan tidak mengonsumsi produk hewan dan produk sampingannya. Dikutip dari medical news today, bahwa studi pada tahun 2006 juga menunjukkan bahwa vegan lebih lambat mengalami kenaikan berat badan jika dibandingkan dengan vegetarian atau pemakan segala.

Pada penelitian tahun 2018 yang melibatkan 75 orang dewasa yang mempunyai kelebihan berat badan. Para peneliti menugaskan para peserta secara untuk mengikuti pola makan vegan atau tetap melanjutkan pola makan saat ini (baik vegetarian atau pemakan segala). Dalam 16 minggu setelah penelitian itu, peserta dalam kelompok vegan, mengalami penurunan lemak secara signifikan lebih cepat disekitar perut, dibandingkan kelompok lain.

Baca juga : √ Panduan Lengkap Rencana Diet Vegetarian Bagi Pemula

Kesimpulan

Secara keseluruhan, baik vegan atau vegetarian sama-sama memilih untuk tidak memakan daging atau ikan. Namun, vegan lebih ketat dibandingkan vegetarian. Karena vegan tidak mengonsumsi produk apapun yang berasal dari hewan, termasuk produk sampingan dari hewan.

Selain itu, diantara keduanya juga sama-sama memberikan manfaat kesehatan, termasuk bagus untuk yang sedang diet, menjaga kolesterol yang lebih rendah dan menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker dan lainnya.

Demikian pembahasan tentang perbedaan vegan dan vegetarian. Jika Anda vegetarian pemula, Anda bisa membaca Bagaimana Menjadi Vegetarian?, agar memberi semangat kepada Anda untuk tetap konsisten menjadi seorang vegetarian atau jenisnya.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *