Resep Masakan Orak Arik Tahu Telur

orak-arik-tahu-telur

Siapa bilang sajian sederhana seperti orak arik tahu telur tidak nikmat? Buktinya, resep ini mempunyai cita rasa yang sangat nikmat. Dan sangat mudah untuk Anda sajikan sehari-harinya. Jika Anda seorang vegan atau lacto-ovo vegetarian, maka menu ini sangat tidak cocok untuk Anda karena bersumber dari hewan.

Resep yang satu ini terbilang sangat mudah untuk Anda sajikan, tidak memerlukan bahan-bahan yang banyak. Serta tidak memerlukan waktu yang lama dalam membuatnya. Meskipun begitu, kandungan gizi pada orak arik tahu telur tetap bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Kandungan Orak Arik Tahu Telur

Saya seorang vegetarian yang sering kali bosan dan bingung mau makan apa? Hampir setiap minggu saya mempunyai hari-hari tersebut. Resep yang satu ini menjadi salah satu menu yang cukup sering saya coba ketika bosan dengan menu-menu vegetarian.

Salah satu yang sangat saya kwahatirkan ketika menjadi seorang vegetarian adalah kekurangan nutrisi. Jadi seringkali saya menimbang-nimbang terlebih dahulu kandungan gizi sebelum mulai membuat makanan. Mari kita simak dulu kandungan gizi resep ini:

Kandungan Gizi Tahu

Tahu merupakan makanan yang terbuat dari endapan sari kedelai. Hampir disetiap daerah di Indonesia, tahu sangat mudah ditemukan, baik itu di pasar, supermarket, bahkan bisa di temukan di penjual keliling di sekitar rumah Anda.

Kandungan gizi pada tahu sangatlah tinggi dan tidak perlu diragukan lagi. Menurut USDA, dalam 100 gram tahu, mengandung lemak 4,8 g, kalori sebesar 76, kalium 121 mg, natrium 7 mg, karbohidrat 1,9 g dan protein 8 g. Selain itu, tahu juga mengandung vitamin A 85 IU, vitamin C 0.1 mg, zat besi 5.4 mg, kalsium 350 mg, vitamin D 0 IU, vitamin B6 0 mg, vitamin B12 0 µg dan magnesium sebesar 30 mg.

Kandungan Gizi Telur

Telur adalah salah satu bahan makanan yang bersumber dari hewan, seperti ayam, bebek, burung, angsa bahkan telur ikan. Telur mengandung protein yang sangat tinggi, yaitu sebesar 13 gram pada setiap 100 gram telur.

Selain itu, dalam 100 gram telur juga mengandung kalori 155, jumlah lemak 11 g, natrium 124 mg, kalium 126 mg, jumlah karbohidrat 1,1 g dan masih banyak nutrisi lainnya yang terdapat dalam kandungan telur.

Baca juga : Apa Itu Vegetarian? dan Jenis-jenisnya

Bahan-bahan Orak Arik Tahu Telur

Dalam resep ini, saya akan membaginya menjadi 2 jenis bahan, yaitu bahan untuk porsi sendiri saja dan porsi keluarga yang berisi lebih banyak bahan. Yang jelas, bahan-bahan yang diperlukan, sangat mudah ditemukan di sekitar Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba resep ini. Berikut bahan-bahannya:

Bahan-bahan untuk porsi kecil

Bahan-bahan pada porsi kecil ini ditujukan untuk keperluan satu orang saja. Jika Anda membutuhkan untuk keluarga, silahkan ikuti bahan-bahan yang ada di porsi keluarga. Berikut bahan-bahan untuk porsi kecil:

  • 1/2 butir telur ayam/bebek
  • 2 potong tahu putih yang sudah dipotong-potong kecil
  • 2 buah bawang merah yang dihaluskan
  • 1 buah daun bawang bombay yang dihaluskan
  • Sayur-sayuran (sesuai keinginan Anda), saya biasanya menambahkan kacang-kacangan seperti buncis atau kacang panjang, kubis atau wortel
  • Kecap manis secukupnya
  • Cabai secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Merica secukupnya

Bahan-bahan untuk porsi keluarga (4 orang)

Bahan-bahan pada porsi keluarga ini ditujukan untuk keperluan keluarga berkisar antara 3-5 orang. Jika Anda membutuhkan untuk sendiri saja, silahkan ikuti bahan-bahan yang ada di porsi kecil. Berikut bahan-bahan untuk porsi keluarga:

  • 5 butir telur ayam/bebek
  • 4 potong tahu putih yang sudah dipotong-potong kecil
  • 6 buah bawang merah yang dihaluskan
  • 2 buah daun bawang bombay yang dihaluskan
  • Sayur-sayuran (sesuai keinginan Anda)
  • Kecap manis secukupnya
  • Cabai secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Merica secukupnya

Baca juga : 5 Menu Sarapan Vegetarian yang Sehat

Cara Memasak Orak Arik Tahu Telur

Selain bahan-bahannya yang mudah ditemukan, orak arik tahu telur juga sangat mudah dimasak. Berikut cara memasaknya (saya menggunakan bahan bahan porsi kecil):

Pertama, masukkan telur ke dalam mangkok kecil dan kocok sampai tercampur rata antara putih dan kuning telur

Kedua, panaskan wajan dan masukkan minyak goreng secukupnya

Ketiga, tumis bawang merah, bawang bombay dan cabai sampai mulai tercium bau harum, sisihkan kepinggir wajan

Keempat, masukkan telur yang sudah dikocok tadi dan aduk sampai tercipta butir-butir kasa, kemudian aduk butiran telur dengan campuran bahan ketiga yang sudah disisihkan dipinggir wajan

Kelima, tambahkan sayuran yang Anda siapkan (optional), aduk sampai merata dan kecilkan api agar masaknya merata

Keenam, masukkan garam, kecap dan merica secukupnya

Ketujuh, sajikan jika dirasa sudah cukup matang

Baca juga : 7 Sayuran Paling Sehat Untuk Vegetarian

Kesimpulan

Resep orak arik tahu telur ini dapat Anda coba dengan mudah di rumah dengan bahan yang tidak banyak dan sangat mudah ditemukan. Meskipun minim bahan, resep ini tetap mempunyai kandungan gizi yang bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Jika Anda ingin mengetahui resep lainnya yang cocok untuk seorang vegetarian atau jenis-jenisnya. Anda bisa membuka halaman resep omahvegan. Selain itu, Anda juga bisa berbagi pengalaman ketika memasak di kolom komentar bawah ini. Terima kasih.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *