Tumis Tahu Tempe Tauge Terfavorit Untuk Vegetarian

tumis-tahu-tempe-tauge

Tumis tahu tempe tauge merupakan salah satu jenis makanan yang cocok untuk vegetarian. Bahan-bahnnya sangat mudah ditemukan, saya sendiri sering membuatnya dalam agenda bersih-bersih kulkas.

Meskipun sering dilakukan untuk membersihkan sayuran yang ada di dalam kulkas. Tumis tahu tempe tauge bisa menjadi salah satu opsi menu favorit bagi seorang vegetarian. Selain mudah dibuat, resep ini juga mengandung gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita.

Kandungan Gizi Tumis Tahu Tempe Tauge

Resep ini merupakan salah satu menu yang sering saya ulangi dalam setiap minggunya. Saya membuatnya bukan karena kemudahan cara membuat dan menemukan bahan-bahannya, melainkan juga karena kandungan gizinya yang cukup baik buat tubuh saya. Mari kita cek terlebih dahulu kandungan gizi dari bahan-bahan utama resep ini:

Kandungan Gizi Tahu

Tahu adalah makanan yang terbuat dari endapan sari kedelai. Di Indonesia, Anda bisa menemukan tahu dengan sangat mudah sekali, hampir di setiap wilayah di Indonesia bahkan di pelosok negri, sudah terdapat tahu. Baik itu di pasar tradisional, penjual keliling ataupun supermarket.

Menurut USDA, tahu memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Bagaimana tidak, dalam 100 gram tahu mengandung kalori sebesar 76, lemak 4,8 g, natrium 7 mg, kalium 121 mg, karbohidrat 1,9 g, protein 8 g.

Selain itu, tahu juga kaya akan vitamin, dimana dalam 100 gram nya terdapat Vitamin A (85 IU), Vitamin C (0.1 mg), Kalsium (350 mg), Zat besi (5.4 mg) Vitamin D (0 IU), Vitamin B6 0 mg, Vitamin B12 (0 µg) dan Magnesium 30 mg.

Kandungan Gizi Tempe

Tempe adalah makanan yang terbuat dari hasil fermentasi kacang kedelai. Layaknya tahu, Anda juga akan dengan sangat mudah menumukan tempe ketika berada di Indonesia, meskipun di pelosok negri.

Menurut USDA, tempe memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Dalam 100 gram tahu mengandung kalori sebesar 192 (lebih tinggi dari tahu), lemak 11 g, natrium 9 mg, kalium 412 mg, karbohidrat 9 g, protein 19 g. Jika dibandingkan, kandungan tempe lebih kaya daripada tahu.

Selain itu, tempe juga kaya akan vitamin, dimana dalam 100 gram nya terdapat Vitamin A (0 IU), Vitamin C (0.1 mg), Kalsium (111 mg), Zat besi (2.7 mg) Vitamin D (0 IU), Vitamin B6 0,2 mg, Vitamin B12 (0.1 µg) dan Magnesium 81 mg.

Kandungan Gizi Tauge

Tauge merupakan salah satu jenis sayuran kecambah yang berasal dari bijian. Tauge memiliki kandungan gizi yang juga bagus, terutama untuk memenuhi protein harian. Dimana 100 gram tauge mengandung 4 g protein.

Jika digabungkan dengan tahu dan tempe yang sama-sama berisi 100 gram, maka Anda sudah bisa mendapatkan 31 gram protein atau sekitar 50% dari kebutuhan protein harian. Dimana kebutuhan protein tubuh manusia berkisar antara 56-66 gram setiap harinya. Oleh karena itu, resep ini sangat cocok untuk Anda coba.

Baca juga : √ Panduan Lengkap Rencana Diet Vegetarian Bagi Pemula

Resep

Dalam resep ini, Anda akan menemukan bahan lengkap dan bahan secukupnya nanti. Dimana keduanya sama-sama mengandung gizi yang sangat baik buat kesehatan kita. Mari simak berikut ini:

Resep Tumis Tahu Tempe Tauge dengan Bahan Lengkap

Resep tumis tahu tempe tauge dengan bahan lengkap ini cocok Anda coba ketika memang sudah merencanakannya terlebih dahulu. Meskipun begitu, bahan resep ini terbilang juga sama-sama mudah ditemukan di sekitar Anda. Ini dia bahan-bahannya:

  • 1 1/2 sendok makan minyak kacang (minyak sayuran lainnya)
  • Jahe secukupnya (dikupas dan dicincang halus)
  • 1 pound tahu (yang dipotong dadu dengan ukuran opstional)
  • Paprika
  • 1 cangkir tauge
  • Bawang merah secukupnya
  • 1 sendok makan saus tiram vegetarian
  • 1,5 sendok makan kecap asin (kecap cair)
  • Bawang putih secukupnya
  • 1 sendok teh saus kacang hitam
  • Daun bawang
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 2 sendok makan daun ketumbar
  • 1 sendok teh cuka beras
  • Tempe
  • Tahu

Resep Tumis Tahu Tempe Tauge dengan Bahan Seadanya

Resep tumis tahu tempe tauge dengan bahan seadanya ini cocok Anda coba dalam rangka bersih-bersih sayuran di kulkas, tanpa perlu perencanaan lebih matang. Ini dia bahan-bahannya:

  • 1/2 papan tempe
  • 4 kotak kecil tahu putih
  • 1/4 kg tauge
  • Cabe secukupnya (optional)
  • Bawang merah secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya

Baca juga : 5 Menu Sarapan Vegetarian yang Sehat

Cara Memasak Tumis Tahu Tempe Tauge

Cara memasaknya juga sangat mudah, bahkan jika Anda anak kos pun dapat dengan mudah melakukannya. Mari simak:

Pertama, panaskan wajan dengan api sedang dan tambahkan 1 sendok makan minyak.

Kedua, potong-potong tahu/tempe menjadi dadu, lalu masukkan ke dalam wajan, tunggu sampai kelihatan agak kuning dengan sambil di aduk sesekali.

Ketiga, angkat tahu/tempe tadi dan pindahkan ke dalam piring.

Keeempat, panaskan kembali minyak diatas api sedang

Kelima, tambahkan bawang putih, merah, jahe dan daun bawang ke dalam wajan. Aduk sampai terasa bau harumnya.

Keenam, tambahkan paprika, dan masak sampai paprika mulai terlihat lunak tetapi tetap renyah.

Ketujuh, masukkan tauge dan tahu-tempe kedalam wajan, masak sekitar 2 menit atau sampai matang.

Kedelapan, tambahkan saus tiram, kecap, saus kacang hitam, minyak wijen dan cuka beras, lalu aduk sampai tercampur rata.

Kesembilan, angkat dari api dan sajikan di atas piring.

Optional, Anda bisa menambahkan sayuran mentah seperti kubis dsb untuk menambah cantik sajian Anda.

Baca juga : Roti Putih dan Gandum, Mana yang Lebih Sehat?

Kesimpulan

Resep tumis tahu tempe tauge ini dapat Anda coba dengan mudah dirumah, meskipun dengan bahan yang minim. Resep ini tetap eksis dapat menjadi salah satu menu favorit di dapur Anda. Selain mudah dimasak, menu ini juga mengandung gizi yang cukup bagi kebutuhan tubuh Anda. Selamat mencoba!!

Jika Anda ingin mengetahui resep lainnya yang cocok untuk seorang vegetarian atau jenis-jenisnya. Anda bisa membuka halaman resep omahvegan. Selain itu, Anda juga bisa berbagi pengalaman ketika memasak di kolom komentar bawah ini.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *