7 Sayuran Paling Sehat Untuk Vegetarian

sayuran-sehat-untuk-vegetarian

Menjadi seorang vegetarian bisa dianggap sebagai cara hidup sehat yang bagus saat ini. Namun Anda harus tahu aneka sayuran sehat untuk vegetarian agar Anda bisa menentukan menu makanan yang bernutrisi dan menyehatkan.

Sayuran terkenal sangat baik bagi kesehatan. Karena sebagian besar sayur-sayuran mengandung kalori yang rendah, kaya akan serat, mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan Anda.

Sayuran Sehat Untuk Vegetarian

Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung lebih banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk melawan dan mengurangi risiko penyakit datang. Oleh karena itu, kita akan membahas jenis sayuran paling sehat untuk vegetarian. Mari simak:

1. Wortel

Wortel mengandung banyak vitamin A. Dalam satu cangkir atau sebanyak 128 gram, memberikan 428% dari nilai yang direkomendasikan setiap harinya.

Mereka mengandung beta karoten (pigmen di dalam tanaman) yang berfungsi untuk memberikan kulit sayur-sayuran atau buah-buahan menjadi berwarna oranye dan kekuning-kuningan. Selain itu, pigmen ini juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya kanker (1).

Dalam suatu studi menunjukkan bahwa makan wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru pada perokok. Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak makan wortel (meskipun hanya sekali dalam seminggu), perokok yang tidak makan wortel mempunyai risiko tiga kali lebih besar terancam kanker paru-paru (2).

Selain itu, wortel juga mengandung akan vitamin C, vitamin B, vitamin K, magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, kalium dan sodium. Sehingga sangat cocok untuk menjadi salah satu bahan makanan vegetarian Anda.

2. Bayam – Sayuran sehat

Bayam menjadi salah satu makanan tersehat berkat kandungan nutrisi yang sangat banyak didalamnya. Bagaimana tidak, 30 gram bayam mentah mengandung 56% kebutuhan vitamin A harian manusia. Sehingga sangat cocok untuk menjadi salah satu bahan makanan Anda.

Disamping itu, bayam juga mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit kronis. Dimana dalam suatu studi menemukan bahwa sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung banyak beta karoten dan lutein yang berfungsi untuk menurunkan risiko kanker (3).

3. Kacang Hijau – sayuran sehat untuk vegetarian

Kacang merupakan sayuran bertepung, ini berarti kacang memiliki jumlah kalori dan karbohidrat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran tidak bertepung. Jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, kacang hijau bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi kadar gula darah.

Salah satu jenis sayuran sehat ini mengandung 9 gram serat, 9 gram protein, vitamin A, C dan k, tiamin, riboflavin, niasin dan folat dalam setiap 160 gram nya (4).

Karena kaya akan serat, kacang dapat mendukung kesehatan pencernaan Anda dengan meningkatkan bakteri menguntungkan pada usus. Membantu melawan kanker dengan menginduksi kematian sel kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Kacang hijau sangat cocok untuk Anda sajikan ketika menyantap sarapan di pagi hari. Lebih banyak tentang menu sarapan vegetarian, Anda bisa membacanya pada 5 Menu Sarapan Vegetarian yang Sehat.

4. Jahe

Di Indonesia, biasanya jahe lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat-obatan, terutama untuk mengurangi mual. Dalam beberapa penelitian mengonfirmasi efek menguntungkan dari jahe adalah mengurangi mual.

Dimana dalam sebuah ulasan dari 12 penelitian yang respondennya berisi hampir 1300 ibu hamil menemukan bahwa jahe dapat mengurangi mual secara signifikan dibandingkan dengan plasebo (5).

Disamping itu, jahe juga mengandung anti inflamasi kuat, yang dapat membantu mengobati gangguan pada peradangan seperti asam urat dan radang sendi. Penelitian lebih lanjut juga menunjukkan bahwa jahe dapat mengobati diabetes.

Banyaknya khasiat yang ditawarkan jahe, bisa menjadi alasan bagi Anda untuk memasukkannya ke dalam menu vegetarian Anda sekekali.

5. Kubis Merah

Sayuran yang berasal dari hasil persilangan ini mempunyai antioksidan tinggi dan dapat meningkatkan kesehatan. Karena dalam 89 gram kol merah mentah mengandung 2 gram serat, serta mengandung 85% dari kebutuhan harian vitamin C.

Selain itu, kubis merah juga kaya akan anthocyanin yang merupakan sekelompok senyawa tanaman yang berkontribusi terhadap warna tanaman seperti ungu, biru, merah atau hitam yang bermanfaat untuk kesehatan kita yang mengonsumsinya.

Bagi vegetarian, Anda bisa menyulap kubis merah dengan kombinasi dengan sayuran lain melalui menu salad simple ini.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sayuran berakar yang menonjol karena warna oranye cerah, rasa yang manis dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bagaimana tidak, satu ubi jalar berukuran sedang, mengandung 4 gram serat, 2 vitamin C, vitamin B5, 2 gram protein dan potassium. Dimana faktanya, satu ubi jalar dapat memenuhi 438% dari kebutuhan harian vitamin A manusia (6).

Dalam suatu studi mengungkapkan bahwa orang yang mempunyai penyakit diabets, jika diberikan 4 gram ubi jalar setiap hari selama 12 minggu, akan mengalami penurunan kadar gula darah dan kolesterol darah.

7. Brokoli – sayuran untuk vegetarian

Brokoli kaya akan belerang yang dikenal dengan glukosinolat, serta sulforaphane, produk sampingan dari glukosinolat (7). Dimana sulforaphane terbukti dapat melindungi Anda agar terhindar dari kanker. Selain itu, mengonsumsi brokoli juga dapat mencegah Anda agar terhindar dari penyakit kronis.

Selain mampu mencegah berbagai macam penyakit, brokoli juga kaya akan nutrisi. Dimana 91 gram brokoli mentah mempunyai 116% dari kebutuhan harian vitamin K tubuh Anda, 135% dari kebutuhan vitamin C harian.

Kesimpulan

Ada banyak sekali sayuran sehat untuk mengisi atau melengkapi menu makan vegetarian Anda. Dimana selain bisa mencegah berbagai macam penyakit, beberapa sayuran di atas juga mengandung banyak nutrisi yang dapat membuat Anda menjadi vegetarian yang sehat.

Demikian pembahasan tentang 7 sayuran sehat untuk vegetarian ini. Selamat mencoba! Jika Anda ingin mengetahui kenapa banyak orang menjadi vegetarian, Anda bisa membacanya pada Alasan Kenapa Orang Menjadi Vegetarian.

Jika Anda suka, jangan lupa untuk bagikan :

Anda mungkin juga suka

About the Author: Nikita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *